Kamis, 09 Juni 2011

bauran pemasaran jasa pendidikan

MARKETING MIX
Sebelumnya bauran atau Marketing mix merupakan hal yang penting bagi pemasaran jasa dan barang. Marketing mix barang mencakup 4P, yaitu produk, price, place, dan promotion.

Ada 4 macam dalam marketing ini, biasanya di singkat dengan 4P yaitu:
a. Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan di pasar untuk diperhatikan yang mungkin memuaskan kebutuhan sehari-hari. Dalam produk ini juga diklasifikasikan menjadi dua yaitu, consumer produk dibagi lagi menjadi tiga : convenience product, shopping product, spesiality product dan unsought product.
Sedangkan industrial product lebih dikhususkan untuk kepentingan bisnis (jual beli).

b. Place

c. Price

d. Promotion
Dalam materi ini juga dijelaskan alasan seseorang membeli barang, yaitu:
a. Product atribut biasanya dilihat dari kualitas product. Ada beberapa faktor yaitu, kualitas, product feature, dan product desain

b. Brand, ada beberapa faktor yaitu, term, sign, simbol, dan desain. ada beberapa penjelasan tentang brand diantaranya, brand equity adalah keseimbangan atau apabila kita membeli suatu barang dapat membuat citra positive bagi diri sendiri, brand sponsor induk nya, co branding kerja sama untuk mendukung suatu produk (misalnya aqua bekerja sama dengan danone).
c. Packeging maksudnya disini adalah kemasan

d. Label atau labeling


e. Product support service maksudnya adalah pemberian kemudahan apabila terjadi kerusakan atau adanya tempat untuk memperbaiki.

LAELATUR ROHMAH OKTAFIANA
1445096082
MP NON REG 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar