Report-1
TRAINING DESIGN and EVALUATION MODEL
Pada pertemuan keempat kemarin yang diadakan di ruang 306 lantai 3 fakultas ilmu pendidikan, membahas tentang training design and evaluation model. Hal yng dijelaskan pertama kali adalah:
a. Alasan pelatihan dilakukan
• Karena adanya kesenjangan antara kinerja actual dengan kinerja ideal
Seperti pada perilaku tidak disiplin mala perlu dilatih
• Karena adanya karyawan baru
• Karena adanya teknologi baru
• Membangun budaya, corporate culture (tidak boleh membawa budaya yang ada di perusahaah sebelumnya)
• Promosi/mutasi (perlu dilatih karena adanya promosi atau kenaikan pangkat karean dengan naik pangkat seseorang bertambah pula tanggung jawab dan tugas yang akan di tempuh serta bertambah pula tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin yang membawahi bawahannya oleh karena itu perlu adanya pelatihan. )
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelatihan, diantaranya adalah:
a. Identifikasi kebutuhan:
• Identifikasi masalah
• Menganalisis pekerjaan
• Identifikasi target atau mengidentifikasi sasaran mana yang akan diberikan pelatihan
b. Objecting setting (menata berbagai tujuan atau sasaran)
• Determination of entry requirement (pemenuhan syarat-syarat yang sesuai dengan pekerjaan yang akan di lakukan. Seperti satpam harus tegap tidak buta warna serta memiliki keterampilan beladiri,dll.)
• Setting of training objective (mendesain serta menata pelatihan yang akan diadakan)
• Design of test (tes yang dilakukan untuk bisa memastikan kebutuhan pelatihan apa yang diperlukan )
• Validation of objective (karena kalu tujuan tidak tepat maka terjadi inefisiensi, proses validasi bertujuan untuk memberikan informasi)
c. Instruksi design
• Design instruction
• Testing of instructional material
• Production of instructional materials
d. Implementation
• Planning of training facilities (merencanakan fasilitas latihan)
• Selection of training of course instructions (perlu dilakukan seleksi untuk menentukan kecocokan)
• Selection of trainees (seleksi untuk menentukan orang-orang yang ikut pelatihan)
• Conduct of training (kita melaksanakan pelatihan sesuai dengan perencanaan sebelumnya)
e. Evaluation
• Analisys of achivment or objective (menganalisis prestasi yang sudah dicapai)
• Analisys of trainee job performance (di evaluasi setelah masuk kerja)
• Calculation of cost affectivenees of project (menghitung biaya sepadan atau tidaknya dengan apa yang telah dilakukan).
Laelatur Rohmah Oktafiana
1445096082
MP NR 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar