Selasa, 22 Maret 2011

reportase ke-3

LINGKUNGAN PEMASARAN
Reportase ke-3 pada Perkuliahan manajemen pemasaran yang diadakan di ruang 307, lantai 3, daksinapati, FIP UNJ. Perkuliahan ini di bimbing oleh dosen yang berasal dari jurusan manajemen pendidikan yaitu Amril Muhammad, SE, M.Pd. perkuliahan ini di adakan mulai pukul 13.00-14.40 WIB. Dari perkuliahan yang diadakan tanggal 9 maret 2011 telah di jelaskan beberapa pengertian tentang “Lingkungan Pemasaran”.
Di mulai dari definisi tentang lingkungan pemasaran. Lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berada diluar pemasaran yang mempengaruhi pada kemampuan mengelola pemasaran untuk mengembangkan dan menjaga transaksi dengan pelanggan agar berjalan dengan lancar. Dari definisi tersebut kita juga dapat mengetahui tentang lingkungan pemasaran yang terdiri atas 2 faktor yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Pengertian dari lingkungan manajemen pemasaran yang bersifat internal adalah kondisi yang mempengaruhi pemasaran yang berasal dari dalam. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran yang bersifat internal diantaranya adalah:
1. Manusia:
• Kompetensi: setiap orang harus mempunyai keahlian pada bidang pekerjaan yang di lakukannya, dan harus memenuhi standar yang telah di tentukan.

• Placement: maksudnya adalah penempatan, seseorang harus ditempatkan sesuai dengan keahlian serta minat dan bakat yang dia miliki agar dapat bekerja secara maksimal, dan hal yang lain yang perlu diperhatikan dari penempatan ini adalah kepribadian.
• Promosi: yang dimaksud dengan promosi ialah tingkatan yang dicapai dalam bekerja agar lebih termotifasi untuk meningkatkan hasil pekerjaan yang di kerjakan
2. Kebijakan dalam kebijakan mengambarkan visi dan misi yang terdapat di dalam suatu organisasi, serta beberapa faktor lainnya diantaranya adalah:

• Aturan:sesuatu yang boleh dan tidak boleh dikerjakan apabila melanggar akan mendapatkan hukuman sesuai dengan kesepakatan.

• Target yang akan dicapai
• Kepeimpinan:kepemimpinan di gunakan untuk mencapai tujuan bersama serta tujuan individu. Setiap pemimpin mempunyai gaya kepemimpinan yang di gunakan dalam sebuah organisasi, ada beberapa gaya kepemimpinan seperti sentralistik; moderat atau demokratis; tax oeriented; atau people oriented

3. Reward system: maksudnya adalah penghargaan yang pantas di terima oleh seseorang karena telah menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

4. Budaya/ nilai- nilai yang dianut

Pengertian dari lingkungan manajemen pemasaran yang bersifat ekternal adalah kondisi yang mempengaruhi pemasaran yang berasal dari luar. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran yang bersifat eksternal diantaranya adalah:
• Demografi/ kepadatan penduduk
• Economic environtment/ Daya beli
• Lingkungan alam
• Teknologi
• Lingkungan politik
• Lingkungan budaya


Laelatur Rohmah Oktafiana
MP NonReg 2009
1445096082

Tidak ada komentar:

Posting Komentar